Cara Mengolah Tanaman Obat

Agar saripati dan kandungan senyawa berkhasiat obat yang berada dalam tanaman bisa dimanfaatkan maka bagian-bagian tumbuhan obat ini harus diolah terlebih dulu. Ada beberapa teknik mengolah tanaman obat yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah yaitu dengan cara merebus, menyeduh dan membuatnya dalam bentuk serbuk.

  • Merebus

Merebus adalah cara pengolahan yang paling mudah. Agar tidak menimbulkan efek samping, gunakan wadah dari bahan anti karat atau stainleess steel, tanah liat, kaca atau email. Hindari wadah almunium atau besi karena saat merebus wadah tersebut akan mengeluarkan kontaminan berupa zat logam yang akan membahayakan tubuh.

Agar senyawa aktif dari tanaman obat dapat terekstraksi maksimal, bahan yang berukuran besar seperti umbi-umbian harus diiris -iris tipis lebih dulu.

  • Menyeduh

Menyeduh pada dasarnya memiliki prinsip yang sama dengan merebus. Teknik seduh lazim digunakan untuk bahan tanaman obat lunak seperti bunga dan daun.

  • Serbuk

Demi alasan kepraktisan, tanaman obat diolah menjadi serbuk. Ada dua jenis serbuk yakni yang terdiri dari satu macam herbal atau campuran.

Selain metode pengolahan sederhana seperti disebut di atas ada pula metode ekstraksi kompleks yang biasa dilakukan pada skala industri yakni penyulingan. Metode ini adalah teknik esktraksi dengan menggunakan uap air, hasilnya berupa essential oil. Dalam tumbuhan, essential oil terdapat dalam suatu kantung kecil yang terletak antara dinding sel tumbuhan. Namun hanya sebagian kecil tanaman saja yang menghasilkan essential oil.

Lantaran kandungannya, essential oil bisa digunakan sebagai penyedap rasa alami pada makanan, pewangi pada kosmetika atau bahan obat pada bidang kedokteran. minyak angin aromaterapi FLOSH menggunakan essential oil alami guna mendapatkan khasiat obat aromaterapi.

Sumber:
Trubus, Herbal Indonesia Berkhasiat, Bukti Ilmiah dan Cara Racik Aromaterapi
Perawatan Alami untuk Sehat dan Cantik oleh Dr. Rachmi Primadiati

Foto: deherba.com

Leave a comment