Khasiat Kesehatan dalam Aromaterapi

Mungkin Anda sudah tahu kegunaan aromaterapi sebagai wewangian yang menyamankan. Tapi tahukah Anda bahwa aromaterapi juga memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Pasalnya aromaterapi menggunakan essential oil alias minyak esensial yang berasal dari tumbuhan. Dengan kata lain aromaterapi mengandung khasiat pengobatan herbal dari tumbuhan bahan baku minyak esensialnya.

Kalau selama ini Anda hanya tahu lavender, jasmine atau rose sebagai aromaterapi, sebetulnya masih ada banyak lagi jenis-jenis essential oil dalam aromaterapi. Misalnya cengkeh, jahe, pala dan kayuputih. Pasti Anda sudah sangat mengenal jenis tanaman-tanaman obat tersebut kan? Melalui proses penyulingan, tanaman jahe, pala dan cengkeh bisa menghasilkan essential oil yang dipakai dalam aromaterapi.

Nah, berikut ini adalah khasiat essential oil yang amat bermanfaat bagi kesehatan Anda:

Pereda rasa nyeri: Lavender, rosemary, cengkeh dan pala. Pakai dalam campuran minyak untuk memijat bagian tubuh yang nyeri.

Sakit kepala: Lavender dan peppermint. Pakai untuk inhalasi dengan meneteskan 3-4 tetes essential oil tersebut ke dalam baskom berisi air panas dan hirup uap aromaterapinya. Supaya aromanya lebih intens, kudungi kepala Anda dengan handuk hingga menutupi baskom.

Hipertensi: ylang-ylang dan lavender. Pakai dalam campuran minyak pijat, dan berpijatlah secara rutin hingga tensi normal.

Insomnia: Lavender dan chamomile. Pakai sebagai burning oil pada waktu menjelang tidur.

Jerawat: Tea tree, lavender, grapefruit dan lemon. Pakai dalam campuran  kosmetik perawatan wajahmu.

Nah, itu semua masih belum seberapa. Ada banyaaaakkk….. lagi khasiat kesehatan lainnya loh! Mulai dari merawat kesehatan organ saraf, kulit, pencernaan, pernapasan, otot dan tulang, kardiovaskular, reproduksi dan sebagainya.
Itulah hebatnya pengobatan dari alam 🙂 Tapi syaratnya cuma satu, Anda harus menggunakan essential oil yang asli dan alami dan bukan essential oil sintetis yang berbahan kimia.

Advertisements